Tips nyaman berhijab

Tips nyaman berhijab

Setiap wanita yang menganut Agama Islam berkewajiban untuk menutup aurat seperti yang terkandung dalam Al-Qur’an surat al-Ahzab ayat 59 “Hai Nabi, katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan wanita-wanita (keluarga) orang-orang mukmin, agar mereka mengulurkan atas diri mereka (ke seluruh tubuh mereka) jilbab mereka. Hal itu menjadikan mereka lebih mudah dikenal (sebagai para wanita muslimah yang terhormat dan merdeka) sehingga mereka tidak diganggu. Dan Allah senantiasa Maha Pengampun lagi Maha Penyayang”.

Adapun tips berhijab agar tidak merasa panas dan tetap nyaman adalah sebagai berikut:

Pilih hijab yang sesuai dengan kenyamanan

Perlu diketahui bahwa setiap orang memiliki selera yang berbeda dalam berhijab. Oleh karena itu, pilihlah hijab yang sesuai dengan kenyamanan kalian. Hal ini bisa dimulai dari jenis hijab. Jenis hijab bisa dikategorikan menjadi 3 yaitu pashmina, kerudung segi 4, dan bergu (hijab instan). Ketika kalian sedang melakukan aktivitas yang butuh pergerakan yang banyak, sebaiknya kenakan bergu atau yang sekarang sedang marak yaitu hijab instan.

Pilih bahan hijab yang tidak panas

Bahan hijab juga menjadi hal yang harus diperhatikan saat ingin beraktivitas. Jika kalian ingin beraktivitas diluar ruangan sebaiknya kalian menggunakan bahan hijab yang mudah menyerap keringat dan adem. Begitupun sebaliknya ketika aktivitas didalam ruangan, bahan hijab tebal tidak menjadi masalah untuk digunakan. Kalian dapat menggunakan bahan hijab yang agak tebal atau hijab yang berlapis.

Perhatikan keadaan rambut

Kalian harus menggunakan hijab saat rambut dalam keadaan kering. Hal ini dikarenakan rambut yang basah akan membuat rambut lembab ketika menggunakan hijab. Setelah rambut lembab, kepala akan menimbulkan bau yang tidak enak. Sebaiknya keringkanlah rambut khususnya setiap habis keramas.

Ikat rambut dengan benar

Bagi muslimah yang memiliki rambut panjang tidak perlu khawatir. Kalian hanya perlu mengikat rambut dan menggunakan dalaman rambut yang biasa disebut ciput. Ciput ini ada beberapa jenis, salah satunya adalah ciput ninja. Ada baiknya jika mengikat rambut jangan terlalu kencang, karena mengikat rambut dengan kencang akan menimbulkan efek sakit kepala dan pusing. Kalian akan lebih nyaman ketika memiliki rambut yang tidak terlalu panjang saat menggunakan hijab.